Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sederhana Mengatasi Pemanasan Global yang Terjadi


4 Cara Sederhana Mengatasi Pemanasan Global yang Terjadi - Pemanasan Global atau Global Warming adalah proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi, percaya atau tidak? Saya sangat percaya itu. Faktanya suhu akhir-akhir ini menjadi sangat panas, padahal sudah nyalain kipas angin, tetep aja panas.


Cara Sederhana Mengatasi Pemanasan Global yang Terjadi
Cara Sederhana Mengatasi Pemanasan Global yang Terjadi


 

Fakta yang kedua, kemarin Minggu sempat main ke pantai bersama tetangga habis ngantar jamaah haji berangkat. Air laut sudah sampai ke permukaan, nggak ada lagi namanya pantai yang indah di daerah saya. Bahkan kepulauan Maladewa (Maldives) aja punya risiko tinggi untuk tenggelam. Yes, kepulauan yang indah itu, yang jadi daya tarik dunia untuk dikunjungi.

 

Bahaya pemanasan global nggak hanya itu saja sih, untuk manusia sendiri menyebabkan risiko alergi, wabah penyakit akibat polusi udara, asma, meningkat curah hujan, penyebaran kuman penyakit yang dibawa nyamuk atau serangga sehingga rumah sakit banyak menampung pasien menderita DBD (Demam Berdarah Dogue). Lantas cara sederhana apa yang bisa dilakukan? Yuk baca di bawah ini

 

4 Cara Sederhana Mengatasi Pemanasan Global

 

Menggunakan transportasi umum dan sepeda

 

Hal yang bisa kita lakukan dalam keseharian akibat pemanasan global ini adalah, mengurangi penggunaan transportasi pribadi, seperti mobil dan motor. Solusinya adalah dengan kita naik transportasi umum dan sepeda.

 

Ya kalau kerja jarak jauh bisa memilih pakai transportasi umum, nah kalau jarak dekat pakai sepeda saja. Nggak punya sepeda ya jalan kaki, justru jauh lebih sehat ya kan?

 

Matikan perangkat elektronik yang tidak terpakai

 

Berapa banyak alat elektronik yang kita miliki di rumah? Tak terhitung ya kan? Untuk mengurangi pemanasan global, matikan yang tidak terpakai. Misalnya nih, kipas angin nganggur, ya cabut aja kabelnya. Ponsel sedang dicharger sudah penuh, ya cabut aja kabelnya  jangan dicolokin terus. Efeknya besar

 

Hindari menggunakan peralatan yang mengandung CFC

 

CFC singkatan dari Cloro Four Carbon adalah senyawa yang mengandung atom karbon, dengan klorin dan fluorin. CFC ini biasanya dihasilkan dari alat pendingin udara, karena CFC menyumbangkan 20% proses terjadinya efek rumah kaca penyebab global warming.

 

Solusinya jika membangun sebuah rumah, buat bangunan yang punya banyak ventilasi udara, jadi hawa sejuk bisa masuk tidak perlu lagi menggunakan AC. Atau bisa diakali dengan penggunaan AC non CFC, agar tetap ramah lingkungan.

 
Yuk hemat air

 

Dalam mencuci apapun jangan gunakan kran yang mengalir, mengapa? Setiap dari 1 menit kita menyalakan kran air yang mengalir, terbuang 10 liter air. Pilih pengunaan bath-tub ketimbang shower, jauh lebih bijak karena bisa menghemat air.

 

Nah yang sering saya terapkan adalah menggunakan air bekas cucian untuk membersihkan kadang ayam dan juga bilasan terakhir untuk menyiram tanaman. Namanya juga belajar hemat air ya kan? Harus dimulai dari diri kita dan kegiatan kita sehari-hari.


 

Posting Komentar untuk "Cara Sederhana Mengatasi Pemanasan Global yang Terjadi"