Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Profesi Apoteker


Mengenal Profesi Apoteker - Tahu kah kamu apoteker merupakan sebuah profesi? Tetapi untuk menyandang predikat Apoteker/Farmasis kalian harus menempuh pendidikan Program Pendidikan Profesi Apoteker lebih dahulu. Jadi setelah lulus dan mendapatkan gelar Sarjana Farmasi (S.Farm), kalian bisa meneruskan pendidikan Apoterker selama satu tahun, nantinya kamu akan mendapatkan gelar Apoteker (Apt).


Mengenal Profesi Apoteker
Mengenal Profesi Apoteker


 

Kabar baiknya lulusan jurusan farmasi ini lapangan pekerjaannya terbuka sangat luas, baik di pemerintahan maupun swasta. Baik dalam bidang pendidikan, industri yang berkaitan dengan ilmu kefarmasian, dan penelitian.

 

Sementara dalam bidang tenaga kerja kesehatan, seorang lulusan Apoteker bisa bekerja di bidang pelayanan kesehatan seperti: penyediaan, pengadaan, distribusi, pengawasan dan penggunaan obat baik di rumah sakit ataupun di apotek. Tetapi dalam bidang industri besar, bisa masuk pada bidang kosmetik dan juga produk makanan terkait soal BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan).

 

Persyaratan Profesi Apoteker yang Harus Kamu Tahu

 

Di daerah saya ada apotik yang dikelola oleh seorang anak muda, ia ternyata lulusan apoteker yang bekerja di kesehatan. Entah bagimana ceritanya karena memiliki pengetahuan tentang obat-obatan, ia mendirikan sendiri apotek dan laris manis menjadi rujukan orang-orang dalam membeli kebutuhan obat. Luar biasa deh, kalau lihat pemilik apotik tersebut rasanya bangga, bisa memaksimalkan ilmu yang dimiliki ya?

 

Nah buat kamu dari cerita di atas mungkin itu hanya sekelumit saja. Tetapi masih banyak cerita di luaran sana yang memang lebih hebat lagi. Maka untuk itu teruslah bermimpi apalagi yang ingin bercita-cita jadi apoter.

 

Yuk cari tahu apa saja persyaratan profesi apoteker yang harus kalian tahu, jika kalian ingin bisa menjadi apoteker.

 

Tentunya harus sekolah difakultas farmasi

Setelah mendapatkan gelar S.Farm, langkah selanjutnya adalah sekolah lagi untuk meraih gelar Apoteker (Apt)

 

Lantas jika kalian ingin memiliki izin praktik sebagai apotekr apa yang harus dilakukan?

 

  • Menyelesaikan program farmasi terakreditasi. Maka belajarlah dengan totalitas jangan setengah-setengah
  • Melakukan magang di bawah apoteker berlisensi, agar mendapatkan pengalaman berharga
  • Bisa lulus ujian negara

 

Mengenal Tugas dan Tanggungjawab Apoteker

 

Profesi apoteker memang profesi yang luar biasa dan tidak bisa dianggap sebelah mata. Karena membutuhkan ilmu pengetahuan yang bukan sembarangan, karena mereka harus melakukan pengolahan obat dan takarannya juga tidak boleh main-main.

 

Apoteker juga menjalani pendidikan yang cukup lama, harus memahami juga bagimana peran obat dalam situasi yang berbeda. Apoteker juga harus akrab dengan susunan biokimia oat dan pengaruh obat dalam penggunaan, apa efek samping, bagaimana interaksi, dan bagaimana efektiftasnya.

 

Progesi apoteker akan selalu bersinggungan dengan perawat, dokter, dan bagian farmasi. Nah nantinya apoteker akan memiliki tanggungjawab sebagai berikut ini:

 

  • Apoteker akan mengeluarkan obat sesuai resep atau perintah dari dokter
  • Apoteker juga akan menerima konsultasi pasien, terkait bagaimana penggunaan obat setelah diresepkan
  • Apoteker akan selalu berkomunikasi dengan dokter, agar racikan obatnya bisa sesuai
  • Apoteker harus mengarahkan pasien akan obat yang dijual bebas, sesuai dengan kondisi penyakit penderitanya

 

Nah, apoteker yang mana nih yang ingin kita jadikan ladang pekerjaan? Bisa dari lingkup spesifik dan juga bidang spesialisasi farmasi.

 

Untuk yang ingin bekerja pada bidang yang spesifik, apoteker bisa memilih dari beberapa pilihan berikut ini:

 

Apoteker akademisi, apoteker rumah sakit, apoteker pemerintah, apoteker industri, apoteker komunitas, apoteker miiliter, apoteker grosir, dan apoteker riset.

 

Sementara untuk dari lingkup spesifik dan juga bidang spesialisasi farmasi, bisa memili di bidang berikut ini:

 

Apoteker perawatan rawat jalan, apotek penunjang nutrisi, apotek onkologi, apotek anak, apotek nuklir, apotek perawatan kritis, farmasi prikiatri, dan farmakoterapi. Untuk kamu yang berada di Kabupaten Belu, bisa join pafijakartatimurkota.org lho!

 

Posting Komentar untuk "Mengenal Profesi Apoteker"